Minggu, 01 Juni 2008

Speedboat Sukadana-Pontianak, Jalur Baru Tembus Isolasi

Kayong Utara, BERKAT.
Kabupaten Kayong Utara (KKU)kini selangkah lebih maju dengan hadirnya transportasi speedboat jurusaan Pontianak-Sukadana dengan harga tiket Rp150 ribu. Dengan waktu tempuh lebih kurang 5 jam, bagi masyarakat yang ingin bepergian baik untuk keperluan keluarga maupun bisnis dapat menggunakan kapal yang berkapasitas 30 orang yang berangkat dari Dermaga Kapuas Indah dan direncanakan akan diubah dari Pelabuhan Senghie pada pukul 09.00 WIB.
Selama ini bila ingin bepergian dari maupun ke Sukadana, warga harus melalui Pelabuhan Rasau Jaya yang kemudian singgah di Teluk Batang atau pun Telok Melano.
Fiansyah (45) warga Sukadana mengaku gembira dengan kehadiran tranportasi cepat ini, apabila tranportasi ini ramai, tentu banyak warga yang berkunjung ke Sukadana.
"Sehingga KKU tak menjadi kota mati. Mudah-mudahan kapal cepat ini diminati warga karena tranportasi dari Ketapang maupun dari daerah lain menuju Sukadana sudah mulai lancar," katanya.
Hal senada disampaikan Amir (50) salah seorang penumpang asal Ketapang. Dia menilai dengan adanya speedboat ini merupakan langkah maju dan perhatian dan Pemerintahan KKU.
"Artinya diharapkan dapat membuka isolasi daerah dan meramaikan Kota Sukadana. Sekarang memang banyak jalur alternatif ke tanah Kayong, selain melalui pesawat udara, jalur air seperti ekspress juga bisa. Akan tetapi harus singgah dulu ke Ketapang yang waktu tempuhnya sekitar 2 jam," ujarnya. (rob)