Senin, 28 April 2008

Kenyalang Enggang Bermotifkan Burung Enggang



Pontianak, BERKAT.
Suku Dayak sebagai suku pribumi di bumi Kalimantan dikenal memiliki adat istiadat dan budaya yang unik dengan keanekaragaman berbagai alat tradisional yang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang ingin memilikinya.
Salah satunya adalah kenyalang enggang, yakni alat musik suku Dayak yang sejak dulu hingga kini sering digunakan diberbagai kegiatan budaya untuk mengiringi sebuah lagu khas suku Dayak.
Kenyalang Enggang yang kebanyakan digunakan oleh suku Dayak Iban di Kabupaten Kapuas Hulu yang merupakan kabupaten paling ujung timur Kalbar lebih kurang 900 kilometer dari Kota Pontianak ini terbuat dari kayu kenyalang.
Sehingga tak heran kalau alat musik ini bermotifkan ukiran burung enggang karena dalam bahasa Dayak Iban, kenyalang berarti enggang gading yang juga merupakan maskot pariwisata Kalimantan Barat. Konon dalam kepercayaan suku Dayak Iban, burung enggang dipercaya memiliki kekuatan yang dapat mengalahkan musuh-musuh suku tersebut.
Dengan paduan ukiran khas Dayak dan warna hitam dan kuning, enggang kenyalang menambah daya tarik bagi setiap orang yang menyaksikannya ketika ditampilkan dalam sebuah acara untuk mengiringi lagu khas Dayak.
Untuk lebih banyak lagi kita melihatnya, alat musik tradisional ini sering kali terlihat pada acara budaya seperti gawai yakni acara syukuran kepada Yang Maha Kuasa atas hasil panen padi yang melimpah setelah masyarakat melakukan penanaman selama lebih kurang tiga bulan.
Hal itu sebagai wujud dari komitmen masyarakat suku Dayak untuk mempertahankan alat musik tradisonalnya, kendati hanya terbuat dari bahan sederhana namun memiliki nilai sejarah dan budaya serta ekonomis tinggi sebagai daya tarik di dunia pariwisata Kalbar sekaligus menambah perbendaharaan alat musik tradisional daerah. Itulah Kalbar yang kaya tidak hanya di sektor sumber daya alamnya namun juga di sisi budaya dengan keanekaragamannya dan keunikannya patut dipertahankan untuk dilestarikan. (rob)

Tidak ada komentar: