Senin, 28 April 2008

Pantai Temajuk di Bumi Serambi Mekkah





Pontianak, BERKAT.
Letaknya di sebelah utara Kota Pontianak dengan jarak lebih kurang 340 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan 6 jam, Pantai Temajuk yang administrasinya termasuk bagian dari Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas ini memiliki daya tarik bagi siapa saja yang datang ke salah satu obyek wisata unggulan Sambas.
Tak heran kalau Pemkab Sambas mengategorikan pantai ini merupakan pantai terindah sepanjang pantai di kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bumi Serambi Mekkah ini. Sebab dengan panorama dan kondisi alamnya masih boleh dikatakan masih dalam keadaan asli alias perawan.
Keunikan yang terjadi di pantai ini, ketika surut menyisakan hamparan pasir yang sangat luas dengan lebar sekitar 100-150 meter. Namun ketika memasuki bulan Oktober - Februari tiupan angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai 2 meter bahkan lebih. Inilah saat yang tepat untuk melakukan olahraga sky diving atau berselancar bagi mereka yang gemar dan mahir akan olahraga tersebut.
Bila anda menginginkan suasana pantai yang berbeda, di ujung utara bagian pantai ini terdapat pantai dengan gugusan batu berbagai ukuran membentuk formasi yang indah. Beberapa diantaranya memiliki keunikan pada bentuknya dengan ukuran yang cukup besar. Ditambah lagi air pantai yang jernih di antara bebatuan. Cocok untuk berenang, sementara kaki aman memijak lantai pantai yang berpasir sehingga termasuk kategori obyek wisata bawah air dan pantai pasir putih.
Dengan kelebihan yang dimilikinya, pantai ini berpotensi untuk kemajuan perekonomian apalagi dengan letaknya dari Kota Sambas yang berjarak 120 kilometer, kawasan pesisir ini langsung berbatasan dengan Laut Natuna dan Malaysia Timur.
Namun sayang, lemahnya SDM untuk pengeloaan, kurangnya sarana dan prasarana, lemahnya motivasi masyarakat serta membangun kemitraan dengan pihak luar menjadi kendala yang harus dipikirkan dan dicarikan solusinya oleh pemerintah.
Koordinatif, peningkatan fasilitas secara terpadu, dan pengembangan stabilisasi secara sinerigis adalah bagian strategi yang dapat dijadikan landasan untuk mengembangkan dan mempromosikannya ke luar daerah. Tujuannya tidak lain yakni mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sambas sebagai kaupaten yang terpikat dan Terigas dalam rangka menuju Kalbar Tourism 2010.(rob)

Tidak ada komentar: