Kamis, 01 Mei 2008

Jambore Antinarkoba II Akan Digelar

Pontianak, BERKAT.
Untuk kedua kalinya, Satuan Tugas Antinarkoba (SAN) Kalbar akan menggelar jambore antinarkoba pada 3-5 Juli mendatang di Pantai Jungkat Kecamatan Siantan Kabupaten Pontianak. Menurut Ketua SAN Kalbar, Joko Santoso kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kepedulian semua pihak terutama generasi muda untuk peduli terhadap dampak dari narkoba.
"Sebab jika seseorang sudah masuk dalam dunia narkoba maka kerugian yang akan dideritanya sangat luar biasa. Ini yang tidak kami inginkan," tegas Joko.
Kerugian materiil, moral bahkan lebih jauh lagi penyakit AIDS/ HIV akan dirasakan dikatakan Joko akan dirasakan mereka yang kecanduan akan narkoba. Dia katakan sangat disayangkan jika ini terus menerus terjadi terhadap generasi muda yang notabene para penerus bangsa ini.
"Apa jadinya kalau teman-teman generasi muda ini tidak kita bantu dengan berbagai pencerahan yang positif agar tidak terpengaruh dengan narkoba," ujarnya.
Pergaulan bebas, mudah mendapatkannya, rasa ingin tahu, ingin melarikan diri dari permasalahan yang dihadapi menurutnya adalah faktor penyebab mereka kecanduan dengan narkoba sehingga terkadang sulit untuk melepaskannya akhirnya menjadi ketagihan lantaran keinginan yang terus menggebu-gebu untuk mendapatkan barang haram itu.
Karena hal ini dia katakan sebagai bentuk tanggung jawab moral SAN untuk membentuk kepribadian generasi muda dengan berbagai kegiatan positif, sesuai dengan misi SAN untuk membantu masyarakat agar mampu menolong dirinya sendiri dan ortang lain mencegah dan menanggulangi penanggulangan narkoba di lingkungannya masing-masing.
"Selain itu kami juga membantu dan mengembangkan program pemerintah untuk mengurangi pemakaian narkoba di masyarakat," ujarnya.
Kegiatan yang bertajuk dengan adanya jambore antinarkoba II kita tingkatkan kepedulian pada generasi muda/ masyarakat terhadap penyelahgunaan narkoba ini direncanakan akan diikuti para LSM/ NGO antinarkoba, pelajar/ mahasiswa, OKP, aktivis dan sebagainya. (rob)