Minggu, 01 Juni 2008

2009, Kalbar Usulkan Lagi KTM

Kubu Raya, BERKAT.
Setelah berhasil mendapatkan dua Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) yakni di Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya dan Subah di Kabupaten Sambas, untuk tahun 2009 mendatang, Kalbar akan mengusulkan kembali beberapa daerah untuk dijadikan KTM.
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Asiah Salekan menyebutkan pihaknya telah melirik beberapa daerah yang berpeluang dijadikan sebagai KTM, di antaranya Seponti Jaya di Kubu Raya, Pandan di Kabupaten Sintang dan Ketapang.
Usulan di tiga daerah tersebut cukup beralasan lantaran diakui mantan anggota DPRD Kalbar ini setelah dirinya melihat ke kawasan transmigrasi ini memilki potensi yang patut dikembangkan seperti komoditas karet dan sebagainya.
"Akan tetapi ini harus melalui uji kelayakan dari Depnakertrans. Karena itu karena masa tugas saya dipenghujung. Saya harapkan nantinya yang akan menjadi anggota DPR RI dapat memperjuangkan ini," pintanya.
Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Supano tertarik dengan wilayah perbatasan untuk dikembangkan sebagai KTM. Sebab dia melihat ketika KTM dikembangkan di perbatasan banyak multiplier effect yang ditimbulkan.
"Kalau disana (perbatasan,red) ada KTM maka sekaligus dibangun gedung pelayanan satu atap. Juga dibuatkan konsep perkebunan dengan sistem KTM, yang akhirnya para pekerja tidak lagi bekerja di Malaysia hanya untuk sekadar berkebun karena di negara kita sendiri sudah ada lahan," jelas menteri.
Rasau Jaya dan Subah yang Sabtu (17/5) lalu dicanangkan Wapres RI, HM Jusuf Kalla yang diwakili Menakertrans, Erman Supano dan Mentan, Anton Apriantono sebagai Kawasan Terpadu Mandiri (KTM)ini adalah 2 dari 14 KTM yang ada di Indonesia yang telah dianggarkan untuk tahun anggaran 2008.
"Untuk tahun 2008, kedua KTM ini dianggarkan Rp18 miliar. Sedangkan totalnya mencapai Rp50 miliar yang dikucurkan secara bertahap," ungkap Asiah.
Dan untuk dua tahun anggaran yakni 2007 dan 2008, Menakertrans, Erman Supano menyebutkan pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp150 miliar dengan porsi 30 % APBN, 30% APBD dan 40% nya swasta. "Ditargetkan pada tahun 2009 14 daerah lain akan direncanakan menjadi KTM," jelas menteri.
Dengan total luas lahan mencapai 184.500 hektar, kedua KTM tersebut potensi lahan yang dapat digarap dimasing-masing KTM yakni untuk KTM Rasau Jaya 42.650 hektar dan Subah 63.495 hektar. Tenaga kerja yang akan terserap pun diperkirakan mencapai 98.550 tenaga kerja dengan rincian untuk di KTM Rasau Jaya 56.150 orang dan KTM Subah 42.400 orang.
Di KTM Rasau Jaya terdapat 25 desa yang telah dibangun 16 UPT (Unit Perumahan Transmgrasi) dengan jumlah transmigran sebanyak 6.648 KK atau 33.135 jiwa. Sedangkan di KTM Subah terdapat 18 desa yang telah dibangun 12 UPT dengan jumlah transmigran 6.398 KK atau 31.990 jiwa.
"Investasi yang diperlukan untuk KTM Rasau Jaya mencapai Rp405 miliar sedangkan KTM Subah mencapai Rp840 miliar dengan komoditas utama yang akan dikelola antara lain kelapa sawit, jagung, karet, dan nanas berikut pembangunan pabrik pengolahannya," kata Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya. (rob)