Minggu, 01 Juni 2008

Pasir Koasa di Kepulauan Karimata

Pontianak, BERKAT.
Kepulauan Karimata yang terletak lebih kurang 100 kilometer sebelah barat Kabupaten Ketapang memiliki luas 210 hektar. Dengan luas yang besar itu Kepulauan Karimata memiliki potensi sumber daya alam seperti pasir koasa. Namun, sayang kandungan potensi pasir koasa tersebut belum diolah dan dieksploitasi oleh investor lantaran belum adanya sosialisasi dari pihak terkait.
"Bisa saja hal itu disebabkan karena jaraknya yang terlalu jauh," kata Andi warga Kepulauan Karimata.
Pasir koasa biasa digunakan untuk pembuatan barang pecah belah seperti piring, gelas, kaca dan sebagainya. Sehingga tak mengherankan kalau banyak home industri pembuatan barang pecah belah menggunakan bahan dasar ini. Apalagi dengan berdirinya home industri, secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat di daerah tersebut khususnya maupun Kalbar umumnya.
"Kandungan pasir koasa yang ada merupakan kualitas terbaik dengan ciri-ciri warna yang putih bersih, serta halus seperti gula putih," tuturnya.
Bahkan dikatakannya, hamparan pasir koasa yang ada di pantai dapat dijadikan sebagai objek pariwisata Kepulauan Karimata.
Untuk itu kami masyarakat Kepulauan Karimata mengharapkan adanya perhatian khusus dari pemerintah baik Pemkab Ketapang maupun Provinsi Kalbar supaya potensi pasir koasa ini dapat dikelola dan dimanfaatkan.
"Sebab dengan dikelola dan dimanfaatkan secara teratur, berguna untuk pembangunan dan kemajuan daerah terutama Kepulauan Karimata," tambahnya.
Apalagi disebutkannya, masih banyak pembangunan di Kepulauan Karimata baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun lainnya perlu diperhatikan dan dibangun. (rob)