Minggu, 01 Juni 2008

Galena Sumber Daya Tambang di Kalbar

Pontianak, BERKAT.
Kekayaan Kalimantan Barat disektor pertambangan memang tidak diragukan lagi karena bermacam jenis bahan galian yang ada di Bumi Khatulistiwa ini memiliki jumlah kandungan yang cukup besar.
Salah satunya galena atau timah hitam (Pb) yang merupakan termasuk bahan galian logam. Galena atau timah hitam (Pb) selama ini digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan campuran logam dan industri, pembuatan industri bateri, pembungkus kabel serta bahan baku amunisi.
Berdasarkan sumber yang didapat BERKAT dari Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral Provinsi Kalbar, untuk di Kalimantan Barat daerah yang memiliki potensi galena atau timah hitam (Pb) ini diantaranya di Riam Kursik Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang dengan jumlah cadangan mencapai 300 ribu ton yang telah terukur.
Dan tidak hanya di Kabupaten Ketapang yang tercatat berpotensi akan galena atau timah hitam ini, di ujung timur Kalimantan Barat yaitu di Desa Bayan Tanjung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu berpeluang akan potensi jenis bahan galian logam ini, meskipun masih dalam tahap eksplorasi.
Kekayaan bahan galian yang tersebar di beberapa daerah di Kalbar tersebut merupakan modal awal yang dapat dikembangkan di masa mendatang dengan harapan dapat menjadi landasan bagi sektor pertambangan dalam menunjang program otonomi daerah.
Meskipun memiliki potensi namun sarana dan prasarana masih belum mendukung untuk menunjang penggalian bahan galian tersebut dalam rangka pengembangan dan peningkatan pembangunan daerah. Diantaranya yang belum memadai seperti infrastruktur jalan, listrik maupun komunikasi sehingga memudahkan investor untuk menanamkan modalnya di daerah yang berpotensi tersebut.
Dengan adanya penggalian tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap masyarakat maupun daerah untuk meningkatkan taraf hidup perekonomiannya dan mengurangi angka pengangguran dengan dibukanya lapangan pekerjaan serta meminimalisir angka kriminalitas. (rob)